Siapa Dia?

Hanya seorang anak manusia yang sedang berproses untuk menyelesaikan studi S1 nya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman

Rabu, 25 Desember 2013

Jogging


Olahraga lari atau yang sering kita sebut joging mungkin merupakan salasatu olahraga favorit Anda. Tapi, berlari juga punya aturan sendiri, dan kebanyakan orang masih belum mengetahuinya, bahkan yang sudah tahu pun terkadang sering mengabaikannya. Tujuannya, agar Anda tidak mengalami cedera sewaktu melakukan dan selesai berolahraga.

Beberapa tips berlari yang benar dan perlu Anda ketahui diantaranya:
1. Usahakan tubuh selalu tegak. Postur badan membungkuk membuat beberapa bagian otot tubuh kurang aktif, seperti punggung,yang menimbulkan risiko cedera.
2. Sewaktu menapakkan kaki, sebaiknya bertumpu pada tumit dan berlanjut ke arah jari kaki. Hindari menapakkan dengan seluruh telapak kaki secara bersamaan. Sebab, hentakannya membuat gelombang kejut ketulang kering, lutut, dan punggung. Efeknya, anda bisa cedera.
3. Penuhi cairan tubuh Anda sebelum, selama, dansetelah berlari. Minumlah air dengan suhu kamar 30 menit sebelum melakukan lari agar otot tidak kram. Jika Anda berlari lebih dari 30 menit, mungkin perlu untuk mengonsumsi minuman berenergi. Dan, usahakan perut tidak kosong dari makanan sebelum lari.
4. Bernafaslah dengan hidung. Bernafas dengan mulut membuat dehidrasi lebih cepat.
5. Sebaiknya beristirahat saat mengalami cedera.Kalau Anda merasakan nyeri otot di bagian tubuh mana pun, sebaiknya istirahatdan berhenti berlari agar cedera tidak makin parah.
6. Jangan sembarangan menggunakan sepatu untuk berlari. Usahakan hanya mengenakan sepatu yang dirancang khusus untuk lari.Sebab, sepatu yang salah bisa mengakibatkan cedera lutut.
7. Pemanasan perlu Anda lakukan agar otot Anda tidak terlalu kaget dengan perubahan gerakan yang ekstrim. Langkah berolahraga lari bisa dengan pemanasan, diikuti peregangan, berlari, pendinginan, danperegangan lagi.
Berhentilah merokok. Rokok membuat kapasitas paru-paru menyerap oksigen berkurang. Kerja jantung dan paru-paru cukup beratkalau tetap merokok.

0 Komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review